Jokowi  : NTT Menuju Sebuah Kemakmuran,  Tanpa Air  Lupakan

Atambua suaranusabunga.com –  Air adalah sumber kemakmuran,dengan air kita bisa panen dalam setahun hingga dua kali bahkan tiga kali, saat ini Propinsi NTT Menuju sebuah kemakmuran, tanpa air lupakan.
Hal ini disampaikan Presiden Republik Indonesia Ir.Jokowi Dodo saat meresmikan Bendungan Rotiklot di Desa Fatu Keti Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu.seni (20/05/19)
” Hanya dengan Air kita bisa lakukan pembangunan di bidang pertanian,dan   membangun NTT kunci utama adalah kita harus menyediakan air.
Bendungan Rotiklot, menurut dia, bisa mengairi 139 hektare (ha) lahan pertanian warga di Belu. Bisa juga untuk pembangkit listrik dan juga untuk kebutuhan  air baku Masyarakat Belu.
Bendungan ini sangat diperlukan di NTT dengan jangka waktu yang sangat panjang.
 “Saya berharap Bendungan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam jangka waktu yang panjang 50-100 tahun,” tutur Jokowidodo
Selain Rotiklot dan Raknamo yang telah diresmikan, masih terdapat lima Bendungan yang masih dalam proses pembangunan, diantaranya Bendungan Temef, Napung Gete, Manikin, Lambo, Kolhua.
 “Saya berharap bendungan lain yang sementara dibangun segera diselesaikan,” katanya.
Selain tujuh bendungan, kata Jokowi, masih ada permintaan pembangunan bendungan di sejumlah daerah.  Namun, masih dalam pengakajian, karena bangun bendungan butuh anggaran yang cukup besar.
“Bayangkan saja bangun Bendungan Rotiklot saja habiskan Rp496,97 Miliar. Kalau tujuh bendungan jumlahnya sangat banyak,” katanya.
Bendungan Rotiklot terletak di Desa Fatuketi,Kecamatan  Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu dengan pelaksanaan konstruksi sejak 2015-2018, dengan biaya Rp. 496,97 M.
Kapasitas Tampung 3,30jt M3 yang bermanfaat untuk Irigasi 139 Ha dan Air Baku 40 liter/detik.
Selesai Konstruksi bendungan itu pada 2018 dan pada 20 Mei 2019 diresmikan oleh Presiden RI. (Fred)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *