Bayar Jaminan Kesehatan Ke Rumah Sakit, BPJS Kesehatan Ende Gelontorkan Dana  22 Miliar

Ende suaranusabunga.com- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan cabang Ende telah menggelontorkan sedikitnya Rp 22 miliar lebih atau tepatnya Rp 22,754,952,193 untuk pembayaran Rumah sakit, dan juga Fasilitas Tingkat pertama dalam bentuk dana kapitasi. Sementara itu secara nasional BPJS Kesehatan telah membayar sedikitnya Rp 11 Triliun hutang klaim jatuh tempo dan Rp 1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada fasilitas kesehatan tingkat pertama.
Hal ini di sampaikan Kepala BPJS Cabang Ende Indira Azis Rumalutur saat menggelar Jumpa Pers di kantor BPJS cabang Ende, Selasa (16/4). Dia mengatakan, dengan penjelasan terkait pembayaran klaim kepada masyarakat maka tidak ada dugaan dan salah persepsi tentang mahalnya obat, dan belum dibayarnya klaim kepada rumah sakit atau fasilitas kesehatan, termasuk dokter, klinik yang melakukan kerjasama dengan BPJS.
Disebutkan pembayaran klaim ke rumah sakit dengan mekanisme first on first out dan dibayarkan setiap tanggal 15 untuk pembayaran kapitasi.
Dengan dilakukan pembayaran diharapkan fasilitas kesehatan juga melakukan kewajiban sesuai regulasi yakni pelayanan maksimal kepada para pasien.
Lanjut Aziz  untuk bulan April saja pihaknya sudah membayar sebanyak Rp 1,4 Miliar,dan untuk rawat jalan Rp 2,9 miliar dan rawat nginap sebesar Rp 13,3 miliar.
” Kami komit untuk melakukan pembayaran baik berupa klaim maupun non kapitasi” kata dia sambil menepis anggapan bahwa mahalnya obat-obatan  akibat belum dibayarnya hutang klaim kepada rumah sakit atau fasilitas kesehatan tingkat pertama.
Dikesempatan ini dirinya juga menjelaskan jumlah kepesertaan yang ada di kantor BPJS cabang Ende dimana meliputi enam kabupaten yakni, Ende, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai,dan Manggarai Barat berjumlah 1.093.670 jiwa atau 75,47 %.
Dari enam kabupaten yang berada di wilayah Cabang Ende tertinggi adalah kabupaten Manggarai sebesar 86,42% dan terendah adalah kabupaten Ngada sebesar 54,97% sementara Kabupaten Ende sendiri 73,03%.
Akir kata dia mengatakan, khusus untuk wilayah kerja kantor cabang Ende terdapat 146 fasilitas kesehatan tingkat pertama, 20 fasilitas tingkat lanjut yang telah dibayarkan dana kapitasi dan tagihan klaimnya oleh BPJS Kesehatan .
Untuk total pembayaran yang dilakukan oleh KC Ende sebesar Rp 22,754,952,193 sepanjang bulan April 2019.( Le/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *