Kanker Payudara Dan Leher  Rahim Penyumbang  Tertinggi  Kematian Perempuan

Ende suaranusabunga.com – Kanker payudara dan leher rahim adalah dua jenis kanker yang boleh di bilang penyumbang tertinggi angka kematian kaum perempuan diantara jenis kanker lainnya.
Hal ini di sampaikan Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Mina Fatma, M. Kes saat membuka kegiatan sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim Tingkat Kabupaten Ende, Selasa (8/10).
Dikatakan  Bupati Djafar Achmad, sesungguhnya penyakit kanker payudara dan leher rahim dapat dicegah dan diobati bila ditemukan pada stadium awal.
Namun karena pengetahuan dan kesadaran  masyarakat terhadap kedua kanker ini masih sangat minim demikian sehingga penyakit kanker ini masih menempati urutan teratas penyumbang kematian kaum perempuan.
Dirinya memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah menggelar kegiatan dan  diharapkan  dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya kaum perempuan tentang kanker payudara dan leher rahim.
Ketua panitia penyelenggara Ahmad Gulung yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dalam laporannya mengatakan melalui  kegiatan sosialisasi ini masyarakat diharapkan dapat mengetahui dan mengenali  kanker payudara dan leher rahim dan selanjutnya dapat melakukan tindakan pencegahan sehingga mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat kedua kanker tersebut.
(Elen/ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *