Terkait Laporan Dugaan Money Politik Paket MJ : Ini Penjelasan Mosalaki Ria Bewa Bedu Bebhu Gija Winga Su’u Mbulu Wangga Kati Ndito Daniel sa 

Ket Foto : Komisioner PANWASLU bersama Anggota Gakumdu.
Ende Suaranusabunga.com- Dugaan Money Politik yang di Laporkan oleh Tim Advokasi Paket WM terhadap Paket MJ memasuki Babak Klarifikasi untuk meminta keterangan kepada Saksi dan terlapor.
Jumad 15/6 PANWASLU Kabupaten Ende meminta Klarifikasi kepada  Mosalaki Riabewa Bedu Bebhu Gija Winga Su’u Mbulu Wangga Kati Daniel Sa,dan dua orang Warga Ndito maupun Saksi pelapor Yohanes Woda Moa.
Kepada Wartawan usai di Periksa PANWASLU Kabupaten Ende Daniel Sa Mosalaki Riabewa Bedu Bbebhu Gija Winga Su’u Mbulu Wangga Kati  mengatakan sebelum kedatangan paket MJ ke Rumah Adat, sebelumnya  di datangi oleh Timses Paket MJ Yohanes Sai dan meminta kepada mosalaki untuk menerima paket MJ tetapi Dirinya Menolak, Namu setelah di rembuk dengan 5 orang  Mosalaki lainnya saya mengalah  maka di putuskan untuk terima.
Lanjut Daniel Sa Kedatangan Calon Bupati Ir Marselinus Y W Petu dan Timses ke Rumah adat mosalaki Ndito  tidak di undang oleh Mosalaki Ndito, Tetapi saat berbicara dirinya mengatakan kalau dia  datang Wurumana.
“Kai mai lele nosi kami  Kema Sao Ria makanya kai nosi aku sumbang Nao sa Nai No Ki sa Pongo yang dalam bahasa indonesia artinya Saya sumbang Ijuk satu ikat dan Alang-alang satu ikat.
Lebih Lanjut Pa Marsel Petu katakan  ” Kita Wurumana Wai laki  ina Lea No Laja, Laja No Lea Ro Sama-sama, Lea No Laja Ro Iwa Mesa, Aku Rina Miu Tau tu Laja  ke Wee Dowa, Aku Rina tanggal 27 Juni mae kelo  kata Daniel Sa.
Dirinya membenarkan Bahwa selasa 12/6  Mosalaki menerima Uang dari Calon Bupati Ir.Marselinus Y W Petu dengan Bahasa Wuru Mana Lea No Laja”.
“Dia kasi kami terima tetapi kami tidak pernah minta kepada siapapun termasuk calon Bupati dari Paket MJ untuk datang sumbang ke kami”kata Daniel
 Uang yang di kasi sampai Hari ini kami juga tidak pake dan sebenarnya tadi saya mau serahkan ke Panwas tetapi saya takut jatuh di jalan ataupun di rampas orang sehingga saya minta Panwaslu untuk ambil di kampung saja.
Terhadap Dirinya Panwaslu mengajukan 17 Pertanyaan seputar kejadian yang di ketahui dan dirinyapun akan bersedia memberikan Keterangan jika di perlukan kedepan.
Sementara Komisioner PANWASLU Basilius Wena kepada wartawan menjelaskan untuk hari ini ada 4 Saksi yang di mintai klarifikasi diantaranya saksi Pelapor Yohanes Woda Moa, Mosalaki Riabewa Bedu Bebhu Gija Winga Su’u Mbulu Wangga Kati Daniel Sa, Anselmus Woka dan Dominikus Roti perwakilan  Fai Walu Ana kalo.
Ketika ditanya apakah laporan Dugaan Money Politik tersebut sudah ada gambaran bahwa benar adalah Pelanggaran atau bukan Basilius mengatakan belum bisa simpulkan.
Panwaslu akan menyerahkan ke Sentra GAKUMDU untuk kajian lebih lanjut jika di temukan Pelanggaran maka akan di proses sesuai Aturan yang berlaku dan tidak ada tekanan dari siapapun dalam bekerja.
PANWASLU juga kata Basilius sudah mengirim surat kepada terlapor dan berharap besok sudah bisa hadir untuk di mintai Klarifikasi.
Ketua Tim Advokasi Paket WM Titus Tibo SH mengatakan  menyerahkan kepada Panwaslu seperti apa rekomendasi yang di keluarkan dan sesuai Hirarki Pihaknya juga akan mengirim Laporan Ke BAWASLU. 
Lebih lanjut  Titus  katakan kita juga ingin tau seperti apa Money Politik,  jika ini bukan kategori  Money Politik  sesuai dengan pasal 187 A uu no 10 tahun 2016 maka kedepan Kandidat silahkan bawauang kemana. (Dewo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *